Rabu, 26 Juni 2013

Masa Lalu Itu Emas

Hidup tidak seperti kisah-kisah yang dibungkus secara apik dan disajikan dalam satu tayangan di televisi. Hidup bukan sinetron yang itu-itu saja ujung ceritanya. Bahkan ada banyak sekali kejadian yang muncul tidak terduga, pergi begitu saja tanpa kita pernah mengambil pelajaran dari apa yang telah lewat. Ketika semuanya telah berlalu, barulah kita berguma 'Oh ternyata...' atau 'Andai dulu...' bisa juga 'Biarlah...'

Berbagai momentum dengan pemain-pemain baru yang datang silih berganti dalam perjalan hidup nan begitu panjang meski pada kenyataannya begitu singkat. Tidak sedikit dari beberapa penggal kisah terasa menusuk dada dan membuat sesal pernah melaluinya. Namun sungguh, andai kita sadar bahwa semua berproses. Mungkin tidak akan ada orang yang mengakhiri hidup karena masa lalu kelamnya.

Jangan menyesali apa yang telah lewat, setiap kejadian memiliki hikmah tersendiri dalam membentuk seseorang menjadi pribadi yang jauh lebih baik, jika pribadi tersebut mau berpikir. Jadi sungguh, yang terus menerus bergulat dengan masa lalu, karena dia akan lewat dan berganti begitu saja. Tanpa peduli apakah dirimu masih sibuk meratapi kesalahan-kesalahanmu atau tidak.

Jadi sudahlah, tutup segala buku kesedihan. Tersenyumlah untuk menjadi pribadi yang jauh lebih baik, lebih mengerti hakikat kehidupan dan memetik hasilnya dikemudian hari.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar